Selasa, 23 Desember 2014

Kencur



A.  Sejarah
Kencur digunakan sebagai bahan dasar tradisional selama ratusan tahun. Sejak jaman dahulu kencur telah dikenal sebagai tanaman obat yang banyak digunakam untuk membantu mengobati berbagai penyakit. Kencur (kaempferia galanga L) adalah salah satu jenis tanaman obat yang tergolong dalam suku temuan(zingiberacaea). Kencur mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulant. Nama kencur berasal dari bahasa sansekerta, kachora yang berarti temu putih (curcuma zedoaria).
Manfaat kencur yang utama adalah sebagai tanaman herbal atau disebut juga tanaman apotik hidup. Kencur merupakan jenis tanam temu-temuan (zingiberaceae).tanaman kencur dapat mudah tumbuh di daerah dataran pegunungan yang tanahnya gembur. Tumbuh menggeletak pada permukaan tanah dan tumbuh dengan helaian daun yang jarang. Kencur adalah tanaman yang sering digunakan dalam pembuatan obat tradisional atau lebih sering disebut dengan jamu. Kencur masih memiliki kerabat dengan jahe, kunyit, dan sebagainya. Kencur merupakan tanaman rumput kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur atau tidak terlalu banyak air. Tanaman ini tumbuh dan berkembang pada musim tertentu yaitu pada musim penghujan, juga tidak di tanam atau di kebun yang cukup sinar matahari dan tidak terlalu basah.
B.  Kandungan Dalam Kencur
       Analisa laboratorium menghasilkan bahwa kencur terkandung zat lebih dari 23 jenis, berikut diantaranya: pati(4,14%), mineral(13,37%), minyak astiri(0,02%), berupa sineol, asam metal kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, pareumarin, asam anisic, alkaloid, dan gom. Kandungan methanol pada kencur juga dapat digunakan untuk melawan sejenis cacing parasite yang menyebabkan penyakit toksokariasis. Zat ini efektif melawan spesies penyebab penyakit system saraf pusat juga melawan bakteri penyebab infeksi mata.
C.  Manfaat Kencur
       Dalam dunia pengobatan, manfaat kencur telah terbukti dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut beberapa resep tradisional menggunakan kencur :
1.      Obat untuk masuk angina
2.      Menghilangkan darah kotor
3.      Mengbati radang lambung
4.      Mengobati keseleo
5.      Mengobati mulas pada perut
6.      Sebagai obat batuk
7.      Mengobati diare
8.      Menambah nafsu makan
Hal ini sangat baik di konsumsi bagi anak-anak, karena sangat membantu dalam proses pertumbuhan guna memenuhi kebutuhan dan lain-lainnya.
9.      Mengobati sakit kepala
Mengkonsumsi kencur secara rutin, akan menurunkan sakit pada kepala.sangat membantu bagi sobatyang mempunyai pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi
10.  Mengobati batuk
Pada manfaat yang satu ini, kencur sangat membantu dalam menyembuhkan batuk, hamper sama dengan manfaat yang terdapat pada jaahe. Kencur juga bisa melancarkan pernafasan dan mengeluarkan dahak pada tenggorokan.
11.  Melancarkan keringat
Jika merasa meriang dan tidak enak badan, maka sangat dianjurkan untuk menkonsumsi beras kencur. Efek panas yang terdapat pada tanaman obat ini sangat baik untuk mengeluarkan keringat dan membantu menyehatkan tubuh.

D.  Cara Penyajian Kencur untuk Pengobatan
1.      Obat batuk
Ambil beberapa buah kencur, kupas kulitnya, dan parut. Setelah itu,peres hasil parutannya dan ambil airnya dengan disaring hingga kira-kira mendapatkan 250 ml. tambahkan sedikit madu dan bubuhkan beberapa tetes air jeruk nipis. Minum 3 kali sehari hingga batuk menghilang. Catatan: resep ini diutamakan jika diminum saat penyakit belum parah.
2.      Obat Keseleo
Satu buah kencur dan tambahkan dengan beras yang sudah direndam. Lumatkan bahan-bahan tersebut dengan tambahan air secukupnya.
Cara pemakaian : oleskan racikan pada bagian yang keseleo
3.      Obat alami sakit kepala
2-3 lembar daun kencur ditumbuk sampai halus, dioleskan sebagai kompres pada dahi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar